6 Manfaat Jalan Kaki setelah Makan, Bantu Turunkan Berat Badan dan Sehatkan Jantung

Kamis, 20 Juni 2024 - 13:20 WIB
loading...
6 Manfaat Jalan Kaki...
Berjalan kaki setelah makan adalah kebiasaan sederhana yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Dari meningkatkan pencernaan hingga menurunkan berat badan. Foto/Asian Hospital Faridabad
A A A
JAKARTA - Jalan kaki setelah makan adalah kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Dari meningkatkan pencernaan hingga mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Dengan memasukkan kebiasaan ini ke dalam rutinitas harian, Anda dapat menikmati kesehatan yang lebih baik dan kualitas hidup yang lebih tinggi. Jika Anda belum terbiasa jalan kaki setelah makan, mulailah dengan durasi pendek sekitar 10-15 menit dan tingkatkan secara bertahap.

Pastikan pilih jalur yang aman dan nyaman untuk berjalan, seperti taman atau area dengan pemandangan yang menyenangkan. Berjalan dengan kecepatan sedang adalah yang paling direkomendasikan. Jangan terlalu cepat agar tidak mengganggu pencernaan.

Berikut adalah enam manfaat jalan kaki setelah makan dilansir dari Health Line, Kamis (20/6/2024).

6 Manfaat Jalan Kaki setelah Makan





1. Meningkatkan Pencernaan


Jalan kaki setelah makan dapat membantu meningkatkan proses pencernaan. Ketika berjalan, gerakan tubuh membantu merangsang sistem pencernaan, yang dapat mempercepat penguraian makanan dan penyerapan nutrisi.

Aktivitas fisik ringan ini juga membantu mengurangi risiko sembelit dengan mendorong pergerakan usus yang lebih baik.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah


Salah satu manfaat penting dari berjalan kaki setelah makan adalah kontrol yang lebih baik terhadap kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki selama 15-30 menit setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes tipe 2.

Aktivitas fisik membantu sel-sel otot mengambil glukosa dari darah, sehingga mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)